Isi freon termurah 10x hanya 100 ribu

Pada kesempatan kali ini kembali saya akan share pengalaman pribadi yang saya alami beberapa waktu lalu. Waktu itu seperti biasa saya panggil tukang ac langganan buat cleaning ac karena ac sudah tidak dingin lagi. Setelah di cleaning datanglah masalah seperti yang pernah saya buat di artikel sebelumnya kompresor mati sendiri setelah 20 menit nyala. Kalau dari historinya kurang lebih 4 bulan setelah ditambah freon waktu itu. Disitu saya ambil kesimpulan ini Ac sudah mulai bocor tapi halus karena freon habis setelah 4 bulan. Maklum aja Ac nya udah tua hampir 7 tahun jadi wajarlah kalau sudah mulai bermasalah. Mau beli lagi duitnya masih kepakai buat yang lain jadi terpaksa cuma bisa isi freon aja sama tukang ac yang cleaning ke rumah sambil berharap bocornya tidak tambah parah. Waktu itu biaya tambah freonnya 100rb. Saya hitung hitung setahun kalau harus isi 4x bisa habis 400 rb lumayan banyak juga ya.

Kira kira 3 bulan berikutnya sesuai perkiraan ac tidak dingin lagi jadi bisa dipastikan freonnya sudah habis menguap lagi. Kebetulan saat itu ada teman kerja di kantor bagian maintenance yang main ke rumah. ternyata dia mengalami masalah yang sama dengan Ac nya. Bahkan Ac dia malah sebulan sekali isi freonnya. udah kebanyang kan 1x isi 100 rb setahun 1,2jt kalau dua tahun aja udah kebeli ac baru dong. Tapi itu kalau isi ke tukang ac yang murah karena waktu itu standarnya kalau ke tukang ac lain sekali isi 120rb. Tapi tenang aja buat yang mengalami kasus yang sama ternyata dia selama ini isi freonnya dilakukan sendiri tidak ke tukang Ac.

Disitulah saya mulai tanya tanya ke dia kalau isi sendiri apa gak mahal beli alatnya. Setelah dijelaskan sama dia ternyata sangat jauh lebih murah isi freon AC sendiri dibanding harus ke tukang AC. Dari kasus yang dia alami dengan 1 KG freon dia bisa Isi Freon Ac Sendiri sampai 12 x. Lalu berapa harga freon 1 KG ternyata di lapak online juga banyak  yang jual dengan harga 100 rb rupiah saja. bahkan kalau kita punya tabungnya banyak kok yang jual eceran dengan harga refil 75rb saja untuk 1 KG. Jadi tinggal dihitung aja berapa uang yang bisa ditabung buat beli ac baru lagi jika Isi Freon Ac nya dilakukan sendiri. Cukup dua tahun udah bisa kebeli ac baru kan?. Estimasi biaya untuk pertama kali isi freon AC sendiri adalah freon 1Kg 100rb, selang 16rb dan kran pembuka freon 20rb jadi totalnya 136 rb untuk 12 x isi. Gimana hemat bukan kalau bisa Isi Freon AC sendiri. Sebagai Gambaran juga untuk AC 3/4 pk jika isi freon dari nol itu hanya perlu 350 gram freon jadi minimal 1KG bisa untuk isi freon ac sendiri 3x kalau ac benar benar habis freonnya. Bagaimana kalau ac cuma 1/2 Pk ? ya kalau 3/4 pk saja cuma 350gram yang 1/2pk tentunya tidak sampai 350gram. Saya pernah isi sama tukang ac dari nol sekali isi freon 175rb dari situ saja masih lebih murah modal awal 136rb untuk Isi Freon Ac sendiri. 

Jadi gimana mau isi freon Ac sendiri apa ke tukang Ac saja. Semua kembali ke diri kita masing masing kalau tidak yakin bisa isi freon Ac sendiri ya sudah ke tukang ac saja atau beli ac baru. Untuk cara pengisian freon Ac sendiri tunggu ya di artikel selanjutnya.

0 komentar: